Usaha Servis Laptop

Peluang Usaha Servis Laptop
Saat ini komputer sudah bukan barang mewah lagi, sudah banyak orang yang memiliki komputer terutama para pekerja kantor dan mahasiswa. Sebagian lagi bahkan sudah memakai laptop untuk aktifitas mereka sehari-hari. Namun tentu tidak semua orang mengerti cara memperbaiki komputer atau laptop yang mereka miliki. Itulah mengapa peluang usaha jasa service komputer memiliki prospek yang sangat cerah, di tambah lagi setiap hari semakin banyak orang membeli laptop dan komputer.


Untuk memulai peluang usaha jasa service komputer memang dibutuhkan keahlian khusus, yaitu pengetahuan tentang tehnik komputer, software dan hardware maupun jaringan. Untuk itu dibutuhkan para pekerja yang benar benar mengerti masalah ini, para pekerja harus bisa memperbaiki segala kerusakan yang ada dan mengetahui komponen komponen komputer dan notebook. Dan bagi kita yang ingin terjun ke peluang usaha jasa service laptop dan komputer ini sebaiknya mengerti juga tentang tehnik komputer dan memperbaikinya.


Memulai usaha jasa service komputer
1. Kita dan pekerja kita mesti memiliki Pengetahuan tentang komputer dan seluk beluknya (software dan sebagainya).
2. Survei tempat yang strategis yang biasanya banyak pengguna komputer pribadi.
3. Siapkan modal Usaha.
4. Siapkan Sumber daya manusia atau pekerja yang akan membantu. Para pekerja tidak harus lulusan perguruan tinggi, namun bisa juga yang bisa bekerja karena pengalaman dan keahlian mereka.



peluang usahaStrategi Promosi dan pemasaran usaha jasa service komputer
Setelah semua terpenuhi, maka mulailah kita melakukan promosi dan pemasaran. Untuk itu dibutuhkan strategi usaha yang mumpuni guna para pemilik komputer rusak dapat datang dan yakin mempercayakan service pada usaha jasa service komputer kita. Berikut ini beberapa strategi usaha yang bisa dipakai guna mengembangkan usaha jasa ini.
1. Promosi dari mulut ke mulut. Promosi dari mulut kemulut sangat efektif apalagi jika di tambahi dengan kepuasan pelanggan.
2. Bekerjasama dengan toko penjualan komputer untuk menitipkan brosur promosi. Diharapkan
pembeli komputer memperoleh informasi juga tempat reparasi komputer.
3. Membuat papan nama yang eye catching.
4. Sediakan kartu nama untuk memudahkan komunikasi.
5. Jaga kualitas servis. Ini adalah suatu keharusan yang sangat menentukan usaha kita.
6. Utamakan kejujuran. Jangan pernah mengganti perangkat komputer seseorang dengan perangkat komputer yang berkualitas lebih rendah apalagi mengganti komponen komputer pelanggan yang tidak rusak dengan komponen second.
7. Beri pelayanan yang ramah, cepat dan tepat kepada konsumen.
8. Menyebarkan brosur dan pamflet bisa juga dilakukan guna menjaring pelanggan yang lebih luas.
9. Manfaatkan media online, baik media social maupun iklan gratis dan membuat website sendiri tentang usaha jasa service komputer.

Membuat kios usaha jasa service komputer
Untuk membuat tempat usaha jasa service komputer tidaklah mesti besar, yang mesti diperhitungkan adalah segmen pasar yaitu banyaknya pemilik kompueter dan laptop di kawasan tersebut. Tempat dengan ukuran 4x5 sudah lebih dari cukup untuk membuat usaha ini. BUatlah lemari display guna memajang berbagai sparepart komputer. Buat juga tempat khusus untuk peralatan service komputer kita dan sebuah komputer dengan spesifikasi tinggi untuk mencoba dan mengecek CPU komputer yang kita service, siapkan juga kursi dan meja kerja yang nyaman karena kita akan duduk lama bekerja disana.

Biaya Jasa Service Komputer
Untuk biaya jasa service komputer ditentukan dari  tingkat kesulitan perbaikan yang kita lakukan. Sebaiknya kita sejak awal sudah bisa memperkirakan besarannya, ini dari diagnosa awal kita terhadap komputer kerusakan komputer tersebut. Untuk harga komponen komputer sebaiknya ditentukan terpisah sesuai komponen yang di pakai.

Hambatan usaha jasa service komputer
Keahlian dalam tehnik komputer merupakan keharusan dalam usaha ini. Kesalahan dalam memperbaiki komputer akan semakin merusak komputer tersebut. Dan ini akan membuat nama kita buruk di mata pelanggan dan sulit mendapatkan kepercayaan dari pelanggan. Pelanggan juga banyak yang lebih mempercayakan servisnya pada orang-orang tertentu yang mereka percayai, ini akan menyulitkan usaha ini di awal awal mulai. Terkadang kita juga mengalami kesulitan  mencari perangkat dan komponen pangganti yang dibutuhkan.

Servis Laptop Tutor
eBook Servis Laptop Murah
Kunci Sukses usaha jasa service komputer
Sebagaimana usaha kecil menengah service lain, pelayanan, kualitas dan harga menjadi modal penting untuk peluang usaha Jasa Service Komputer. Jika pelanggan kurang puas dengan reparasi kita atau harga yang kita berikan terlalu mahal, maka lama kelamaan toko kita tidak akan dikunjungi orang. Sebaiknya kita juga menjual berbagai kebutuhan komputer dengan lengkap, hal ini agar pelanggan bisa mendapatkannya secara cepat dengan konsep one stop shopping. Jika ternyata tempat kita belum mempunyai, kita bisa menjanjikan dilain hari dan berjanji mencarikannya.