Ide Usaha

5 Ide Peluang Usaha Menarik Untuk Mahasiswa
Apakah anda seorang mahasiswa yang sedang mencari ide-ide peluang usaha? bingung mau mulai darimana? saya rasa ada sebagian mahasiswa yang mengalami hal seperti ini namun tidak sedikit yang kreatif dan mudah menemukan berbagai ide peluang bisnis yang bisa dijalankan disela-sela kegiatan belajar mereka.

Untuk artikel kali ini saya mencoba mengulas sedikit mengenai ide usaha yang sekiranya bisa diambil oleh seorang mahasiswa/mahasiswi yang sebagian besar saya rasa bisa dikerjakan tanpa mengganggu waktu perkuliahan dan juga malah bisa menambah pundi-pundi rupiah untuk menambah uang saku bahkan membayar kos jika anda masih anak kos .

Peluang atau kesempatan berbisnis buat seorang pelajar memang terkadang sulit untuk dilakukan. Ada beberapa faktor yang menyebabkannya diantaranya adalah bahwa seorang yang masih belajar dalam pikiran dia tugasnya hanya belajar saja, walau ada kesempatan untuk berbisnis disekeliling dia dan kemungkinan dia mampu dan bisa maka dia tidak mengambilnya, kondisi seperti ini terkadang terjadi. Namun di era perekonomian yang masih kurang stabil seperti saat ini, saya rasa akan cukup bijak juga jika seorang mahasiswa atau mahasiswi memanfaatkan sebah ide bisnis yang bermanfaat selagi bisnis usaha tersebut tidak menggangu kegiatan utama mereka yaitu belajar dan belajar, toh dengan mulai berbisnis sejak sekolah/kuliah akan memberikan efek yang cukup bagus juga misalnya jiwa kewirausahaan yang terbentuk secara pelan-pelan sejak dini.

Okay sedikit pengantar diatas hanya sebuah intermezo saja dan kita langsung ke topik utama yaitu beberapa peluang usaha yang bisa diambiil oleh mahasiswa diantaranya yaitu :

1. Usaha Jasa Les Privat.
Untuk usaha jenis ini jelas sudah banyak yang melakukannya. Peluang bisnis jasa les privat oleh mahasiswa sudah banyak kita temui di lingkungan sekitar kita. Ya benar memang ini salah satu ide bisnis yang cukup menjanjikan. Anda bisa memanfaatkan kemampuan anda sebagai mahsiswa yang mengambil jurusan tertentu misalnya matematika, bahasa inggis atau bidang lainnya, anda bisa menembusi perumahan, sekolah, untuk menawarkan jasa les privat kepada anak-anak yang membutuhkan les tambahan.

2. Bisnis Lembaga Bimbingan Belajar.
Bisnis usaha ini tidak jauh beda dengan nomer 1 dan nomer 2 diatas. Namun agak berbeda dalam penanganan atau pengelolaan sumber dayanya. Bermula dari ketika saya jalan-jalan ke daerah kota gede di Yogyakarta ketika itu saya melihat sebuah bimbinga belajar yang ruangannya biasa saja, namun uniknya bimbel tersebut berbasis laboratorium dan sepertinya cukup menarik.

Jika dilihat dari kemasan bisnisnya saya rasa itu hanyalah usaha personal atau gabungan dari beberapa orang saja namun saya tidak cek lebh jauh lagi. Nah dari gambaran yang saya lihat tersebut saya rasa anda bisa juga membuka lembaga bimbingan belajar bagi para siswa baik dari SD, SMP, sampai SMU. Sudah banyak sekarang bermunculan lembaga-lembaga bimbingan belajar di area sekitar perumahan, kampung-kampung yang menganbil kue bisnis lembaga bimbel dari lembaga besar yang sudah jalan dan eksis bertahun tahun.

Ini jelas merupakan peluang usaha bagi mahasiswa, anda bisa mengumpulkan teman-teman yang mampu dibidangnya dan cobalah sharing profit dengan mereka untuk setiap sesi pembelajaran yang mereka jalankan. Intinya anda mengelola lembaga bimbingan belajar skala kecil yang SDM nya adalah teman-teman anda juga.

3. Bisnis Usaha Penterjemah.
Untuk usaha yang satu ini juga tidak jauh dari kemampuan akademis seseorang. Ujung-ujungnya juga merupakan sebuah bisnis jasa yang bisa anda manfaatkan. Jika anda tidak mempunyai kemampuan dalam berbahasa asing maka anda harus bisa atau mampu untuk mengelola bisnis ini. Rekrutlah orang-orang terbaik dibidangnya, ajak kerjasama mereka dan tentunya dengan sharing profit yang jelas. Anda bisa membuka sebuah blog atau aktif di social media dan rajin promosi bisnis ini. Dan akhirnya marketing sangat berperan disini karena semakin banyak pula usaha sejenis yang sudah berjalan hingga saat ini. Anda harus kreatif dan cerdik dalam mempromosikan jasa penterjemah ini. Saya rasa ini juga merupakan peluang bisnis yang baik untuk mahasiswa.

4. Bisnis Pulsa Elektrik.
Pulsa elektrik adalah bisnis yang bisa dimulai dengan modal kecil. Modal bisnis ini bisa dimulai dari Rp.50.000 saja, dan akan terus berkembang. Yang menjadi pertanyaannya adalah "Apa keuntungan yang bisa di dapatkan dari bisnis pulsa elektrik ini"? Jika berbicara masalah keuntungan maka akan sangat bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta. Bisnis ini sangat sesuai untuk siapa saja, khususnya mahasiswa. Kenapa? Karena Pulsa elektrik tidak butuh modal besar dan bisa menghasilkan penghasilan yang lebih besar dari uang yang anda depositkan.

Misalnya seperti ini:

Anda mengambil keuntungan Rp.1000 dari penjualan pulsa elektrik. Jika anda seorang mahasiswa dan mempunyai 100 teman di kampus, maka Anda bisa memberi tahu teman-teman untuk membeli pulsa elektrik kepada Anda. Misalkan setiap hari ada 20 transaksi pengisian pulsa. Dengan demikian anda akan mendapat tambahan penghasilan Rp.20.000/hari atau Rp.600.000/bulan.

Tentu saja untuk melayani 20 orang perhari; deposit Rp.50.000 tidak akan cukup. Minimal anda mempunyai deposit Rp.300.000. Tetapi Rp.300.000 ini bisa terus anda putar dan di luar keuntungan yang Rp.600.000 tadi. Bagi mahasiswa ini adalah tambahan uang jajan yang sangat lumayan. Selain itu bisnis ini tidak makan waktu, karena dijalankan hanya dengan mengirim SMS dan setelah itu tinggal terima uangnya. Sangat sesuai untuk orang yang sibuk dengan banyak aktifitas. Jadi jangan berpikir bahwa harus mempunyai kios pulsa elektrik baru bisa berjualan; karena dengan HP butut sekalipun bisnis ini bisa dijalankan.
Buat anda yg berminat, bisa kunjungi http://goo.gl/OoKhl

5. Usaha Bisnis Pembuatan Kaos Oblong.
Membuat kaos oblong adalah salah satu ide bisnis usaha yang saya rasa masih bisa berkembang terus kedepannya. Anda bisa memanfaatkan event dan moment tertentu untuk menambah koleksi kaos oblong yang akan anda jual. Masuk ke komunitas, klub atau organisasi tertentu dan menawarkan desain dan juga motif kaos yang menarik bisa menjadi alternatif anda dalam memasarkan produk kaos tersebut.

Kampus anda pun juga bisa menjadi market yang cukup bagus lho, karena banyak mahasiswa dan mahasiswi yang saya rasa sangat suka dengan yang namanya kaos. Selain itu anda bisa berjualan secara online, aktif di forum jual beli dan juga di social media. Sudah banyak kok yang melakukan bisnis ini. Anda tinggal mendesain saja dengan cukup bagus, dan untuk urusan cetak mencetak sablon dan pembuatan kaosnya sendiri silahkan kerjasama dengan salah satu perusahaan konveksi, jadi anda hanya fokus di desain dan juga pemasaran nantinya. Kualitas dan pelayanan yang baik merupakan salah satu kunci kesuksesan dari jualan kaos oblong ini.

Itulah 5 peluang usaha untuk mahasiswa yang dapat menjadi alternatif atau pilihan bisnis yang bisa diambil. Semua bisnis memerlukan kreatifitas dan daya juang yang konsisten serta tidak mudah menyerah ditengah jalan. Analisa terhadap perkembangan usaha wajib dilakukan untuk mengetahui perkembangan bisnis yang sedang dijalankan tersebut. Selalu kreatif adalah salah satu kunci sukses buat mahasiswa yang sedang merintis bisnis. Semoga artikel ini bisa menjadi salah satu inspirasi buat kita semua.